Minggu, 10 Maret 2013

Lagu Kesukaan:: Lagu itu seperti sebuah pemutar memori


To see you when I wake up, Is a gift I didn't think could be real.
To know that you feel the same as I do, Is a three-fold, Utopian dream
You do something to me that I can't explain. So would I be out of line if I said "I miss you"?

Ayo tebak lagu siapakah yang di atas inih? Kalau ada yang nggak tau berarti kalian nggak keren *Haha, jittakin kepala sendiri*. Ngomong ngomong tentang lagu kesukaan, lagu di atas adalah salah satu lagu kesukaanku. Liriknya yang jujur terasa dalem banget. Kalian punya nggak sih lagu kesukaan? Kalau punya, lagu apaan? Kok bisa sih suka sama lagu itu? Kalau nggak ada, kenapa? *jujur, aku mau tau banget bukan mau tau ajjah* [Haha, ggaringgg]

Eh, tapi rasanya bohong deh kalau kalian nggak punya lagu kesukaan. Kata orang kan dunia tanpa musik itu nggak rame dan nggak berwarna *bener nggak sih? Tapi aku nggak ngarang nih kata-kata*. Selain film, musik adalah hiburan yang paling mudah kita dapatkan dan temukan. Bisa denger lewat raddio, televisi, MP3 player, HP, dan lain-lainnya. Selain itu, musik juga bisa menjadi sahabat baik di saat kita seneng *dengan lagu ngebite atau dangdutannya* juga di saat kita sedih *dengan lagu slow melow dan lebaynya* Lagu terkadang paling tahu perasaan kita.

Nah kan, pasti lagi nginget-inget lagu kesukaannya ya?

Pasti cara kita menyukai lagu berbeda-beda juga dengan alasan mengapa kita menyukai sebuah lagu. Aku sendiri menyukai banyak lagu dan lagu-lagu kesukaanku itu pasti wajib kudu ada di HP atau laptop aku.
Ini nih beberapa alasan aku menyukai sebuah lagu;

Jatuh Cinta pada pendengaran pertama [Enak di dengernya]
Jujur, aku nggak bisa jauh dari musik. Walaupun terkadang bosen mendengarkan lagu yang itu-itu saja, tapi aku tetep suka denger.
Lagu favorit aku nggak cuuma satu. Ada banyak banget dari yang bahasa sasak [bahasa daerah lombok], Indonesia, Inggris, Jepang, Cina, Korea, bahkan ada yang bahasa perancis. 
walaupun banyak lagu yang aku suka, aku nggak segampang itu loh suka sama lagu.
Biasanya lagu yang aku sukai, aku akan jatuh cinta pada pendengaran pertama sama tuh lagu.
Contohnya nih kayak lagu If_nya Nishino Kanna yang jadi OSTnya Naruto The Movie-The Lost Tower [aku sudah pernah posting tentang lagu ini di sini: OST Naruto the movie 4 - The Lost Tower ], pertama kali mendengarnya aku jatuh cinta walaupun belum tau artinya. Saking jatuh cintanya nih, aku langsung cari tesk lagu yang bahasa jepang dan bahasa Indonesianya.
Wah, nggak salah. Ternyata lagunya meaningful banget *coba deh denger sendiri*

Moshi ano hi no ame, ga yandeita nara
Kitto sure chigaatte ita dake kamo, Itsumo toori no jikan ni
BASU ga kiteta nara, Kimi to wa deau koto ga nakattanda ne

If the rain had stopped, That day
I might surely have just walked past you
If the bus had arrived, At its usual time, I wouldn’t have met you

Arti/Maknanya

Selain jatuh cinta pada pendengaran pertama, biasanya juga yang ngebuat aku menyukai sebuah lagu adalah arti dari lagu itu sendiri atau jalan ceritanya. 
Misalnya nih ya kayak lagunya Ipang_Bintang Hidupku

Kau... Jadi inspirasiku
Smangat hidup
Dikala aku sedih
Dikala aku senang
Disaat sendiri dan kesepian
Kau bintang di hatiku 

atau lagunya Westlife_What about now

What about now? What about today?
What if you're making me all that I was meant to be?
What if our love never went away?
What if it's lost behind words we could never find?
Baby, before it's too late, what about now?

atau seperti satu lagu yang baru aja buat aku jatuh cinta ini One Direction_More than this

I'm broken, do you hear me?
I’m broken, do you hear me?
I’m blinded, ‘cause you are everything I see,
I’m dancin’ alone, I’m praying,
That your heart will just turn around,

Huhu, apalagi partnya Niall. Bukan hanya kata-katanya tapi juga suaranya cetar membahana :D


If I’m louder, would you see me?
Would you lay down
In my arms and rescue me?
‘Cause we are the same
You save me,
When you leave it’s gone again,

Maknanya dapet banget kan?

Gudang Inspirasi

Selain menjadi sahabat baik dan penghibur hati, lagu juga bisa menjadi sumber inspirasi. Aku sering banget dari satu lagu bisa dapet banyak inspirasi terutama inspirasi untuk buat cerita fiksi.
Contohnya nih lagunya NOAH yang Separuh aku. Tuh lagu bisa ngasi aku tiga ide untuk tiga tulisan yang beda.
dari sana aku juga biasanya menjadi suka sama lagu tersebut.

Pemutar Memory

Kadang sebuah lagu apalagi lagu kesukaan itu memiliki momen atau memorinya masing masing. Tanpa kita sadari lagu tersebut menjadi sebuah piringan hitam yang akan selalu berputar memunculkan kenangan-kenangan lama kita bila mendengar lagu-lagu itu.
Pasti pernah dong kalian mengalami hal seperti ini? Pas lagi kumpul-kumpul di cafe tiba-tiba terdengar sebuah lagu yang ternyata dalam lagu itu ada momen yang sama sekali nggak bisa kita lupakan. Kadang momen itu hanya akan muncul jika kita mendengar lagu itu. Setelahnya sudah.

Misalnya kayak aku nih ya. Kalau mendengar lagu Padi yang judulnya Semua Tak Sama, aku pasti inget pengalaman pertama saat aku kencan pertama kalinya sama pacar pertama aku. Parahnya itu juga lagu kesukaan diah. Nah, tambah inget banget kan? :D

Video Clip

Walaupun jarang terjadi, tapi nggak memungkiri biasanya video clip yang bagus dan WOW bisa ngebuat aku menyukai sebuah lagu. Tapi ini jarang banget terjadinya. Yang lebih sering terjadi malah lagu bagus dan aku suka tapi video klipnya nggak banget :(

Penyanyinya

Ini juga jarang sih. Kadang aku suka sebuah lagu dan nggak peduli siapa yang menyanyikannya. Asal bagus, bermakna dan nggak ngawur, masih okelah.
Contohnya seperti lagu Rasa yang Ini, pertama kali dengar di radio. Aku nggak tau siapa yang nyanyikan, tapi aku suka. Ternyata usut punya usut yang nyanyiin si Pay feat. Irang

Belum pernah aku rasa
rasaku yang ini
Kamu beri racun apa
buatku begini

Sountrack Film

Nah, kalau yang ini paling sering nih. Aku suka sama lagu karena denger di film atau tuh lagu menjadi sountrack film kesukaan aku. Yang paling sering sih lagu korea karena aku suka banget nonton drama korea.
contohnya nih lagu Jin Woo 2 am yang walking towards me yang menjadi salah satu sountrack Dream High 2. Nggak hanya lagunya yang keren abis, tapi juga aransemen musiknya.

jeogi gilgeonneo neoeui moseubi boinda  
chagaun nunbicheuro nareul baraboda georeo onda georreo onda

I see you from across the street
With cold eyes, you look at me

And you walk to me, you walk to me
 


Jin Woon 2 am


Supermassive black hole dari MUSE juga sukanya waktu denger di film serial Twilight. Walaupun sudah suka sama MUSE jauh sebelum itu, tapi suka lagu yang itu pas dengernya di sana. Kayaknya terdengar lebih keren aja, apalagi cocok banget sama scenenya di film itu.
Muse
Kalau soal musiknya atau jenis musiknya, aku suka hampir semua jenis musik sih. Pop, Rock, dangdut, tradisional, jazz, klasik, alternatif, dan lainnya yang pasti enak didengar dan seperti kriteria2 di atas.
Kalau kalian bagaimana? Suka jenis musik atau sebuah lagu itu karena apa sih?

Bay the way, masih ada yang belum tau lirik lagu di atas milik siapa? Oke deh yang nyerah aku kasi tau aja ya. Tu lirik miliknya INCUBUS yang judulnya I MISS YOU.


Kalau penasaran sama beberapa lagu kesukaan aku di atas silahkan cari dan download sendiri ya. Jangan lupa cari teks lagunya biar kalian bisa ikutan nyanyi bareng penyanyinya :D

Dan masih banyak lagi playlist lagu kesukaanku yang tak bisa kusebutkan satu-satu di sini :D


39 komentar:

kukuh mengatakan...

aku juga punya lagu kesukaan. coba aja dengar lagu Depapepe yang judulnya One. keren banget

Unknown mengatakan...

aku suka AKB48 ~ karena itu ceria banget

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

langsung ke TKP *dengerin* :D

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

iya AKB48 juga lagunya keren2 sama saudaranya juga si JKT48 :D

Unknown mengatakan...

kalau ga salah pas dulu ku update status nanyain lagu galau yg enak, fu nyaranin i miss you incubus. eh fu apa bkan si? *lupa
kalau skarang ku lg suka lagu2nya akb48,ske48,jkt48 dan jejepangan yg lain

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

kayaknya emang aku deh. Emanganya kenapa Abi?

Rinem mengatakan...

hahaha kalo faktor penyanyinya itu bener banget, dulu sewaktu kangen band masih di radio banyak banget yg request, e e e muncul di TV ... di bully orang banyak

Nurul Prayoga Abdillah mengatakan...

Oh, lagu yah?
Dulu, jamannya gue masih alay, gue suka banget Ungu Band. Semua lagu Ungu gue suka. Mangkanya tiap kali gue maen band bareng temen, kami selalu nyanyiin lagu Ungu dari awal ampe selese.Nah, karna sekarang gue udah bertobat dan berjanji enggak mau jd anak alay lagi, gue jadi suka Mocca. Genre lagunya sih Swinging Jazz gitu. Enak banget kalo didengerin, mengayun dan membuat nyaman yang ngedengerin. Itu menurut gue sih. Terus lagu favoritnya yang berjudul I Remmember.

Moti Peacemaker mengatakan...

dewa 19 sama iwan fals....beh..kerennya minta ampun

Ahmad Mu'azim Abidin mengatakan...

kerenan juga lagunya padi, dewa19, boomerang dong... beat2nya enak didengerin.. juga lagu instrumen dari kitaro yang maknyuss nyuss nyuss, bisa rileks'in dan ningkatin kadar emosional

Ginty Intan Mawarti mengatakan...

wah, aku juga punya banyak banget lagu kesukaan.. :D
tapi hampir semuanya yang galau2 gitu deh.. hehehe
biasanya aku suka lagu dari liriknya.. tapi kalo penyanyi aku paling seneng sama avril & taylor swift.. :D

Bocah Saico mengatakan...

kalo gue kebiasaan gak suka dulu sama lagunya
tapi penasaran jadi dengerin terus dan eeehhh malah jadi lagu favorit -_-
selalu gitu
tapi kalo lagunya taylor swift selalu langsung suka donk, apalagi sama orangnya.. #eh

Ulfakundl mengatakan...

Aaah setuju bang Oges! aku juga lebih suka sama lagunya Taylor Swift plus demi lovato hehehe :3 dia itu udah kayak maling buku harian kita soalnya lagunya ngena banget.

Tapi kalo dari keseluruhan lagu yang kakak tulis di post ini aku paling suka sama lagunya Muse - Supermassive black hole. Itu juga keren banget :) hehe

Bandot Unyu mengatakan...

lagu emang gitu, bisa tiba-tiba jadi alat pemutar memori. sayang gue gak terlalu paham tentang musik.

Yuraaa mengatakan...

aku jga punya lagu favorit..lmyan bnyak jga seh..
biasanya jtuh hati sama lgu itu krna kren saat pndgran pertama..hehe #apaseh

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

iya itu sering banget.
kadang ada juga yang illfeel sama penyanyinya padahal suaranya bagus "Ih, kok gitu sih?"

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

aku juga suka DEWA, malah punya semua kasetnya.

iwan fals juga. MPnya lengkap punya :D

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Ih, masa sih lagunya ungu itu lagu alay? *Baru tauuuu*
ada tuh 1 lagu yang aku suka dari ungu, apa ya judulnya?

kalau mocca, aku juga suka. Teritama yang judulnya On the night like this.

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Yap, lagu2 instrumen juga keren2. biasanya aku suka yang OST drama korea. keren2 juga instrumennya :D

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

waaaa, avril and taylor swift ya. itu kan penyanyi cantik and berbakat. selain menyanyi, mereka juga menciptakan sendiri lagunya, mirip sherina gituh. Hihi...

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

emang ya si TS itu bukan hanya suaranya yg bagus, tapi juga wajahnya cantik. kayak boneka.

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Setuju setuju \('o')/

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Trus masak nggak punya lagu kesukaan?
Walaupun kita nggak ngerti musik, paling nggak kita bisa menikmatinya itu aja sudah cukup.

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Iya,
kalau lagu pada pendengaran pertama.
kalau orang pada pandangan pertama. Hihi

rumah putih mengatakan...

ya tuh bener. lagu tuh itu bisa jadi pemutar perasaan~
aku suka lagu2nya Miley Cyrus.. sbg penikmat ajah, soalnya lagu2nya bikin semangat dan move on..

Unknown mengatakan...

dari semua lagu kesukaanmu cuma 2 AM yang sama denganku..hehe
rata2 semua lagu 2AM aku suka..tapi itu yg koreanya..
kalau lagu indonesia paling suka lagu2 kerispatih dan afgan ( Abang Fian GANteng )..
kalau lagu barat, banyak bgt. terutama band2 rock lagendaris..

asala jangan lagu thailand. bahasanya aneh..hahaha

Rita A mengatakan...

lagu kesukaan...banyak sih yaa..
kalo aku lebih ke lagu2 berbahasa indonesia..
terutama lagunya Opick.. :)
lirik2 lagunya ngena banget dihati..
ada juga sih lagu2 barat..
seperti when a woman loves a man dan that's where you found love.. aku suka westlife.. dari duluuu banget malah... :D *kok malah aku yg cerita yaa*

Ahmad Mu'azim Abidin mengatakan...

yaahhh.... kenapa nyampenya ke korea juga :(

keroncong2 gitu dong... bangga budaya sendiri

Unknown mengatakan...

gue tau pasti ini orang masih kecantol ngepens sama orang korea haha , kalo dipikir pikir lagu kesukaan ku ada di semua album green day , Linkinpark haha

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

bangga dong sama budaya sendiri tapi nggak menghalangi kita untuk juga mengapresiasi karya bangsa lainnya.

bayangin aja kalau semua bangsa hanya mengapresiasi bangsanya sendiri? Bagaimana coba?
Jadi selain bangga sama budaya sendiri, kita juga nggak dilarang kok mengapresiasi budaya sendiri.

:D

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

iya, lagu juga kadang bisa jadi energi.

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

iya, aku sudah baca dipostingan koleksi kasetnya :D

baru tau Afgan itu kepanjangannya....

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

setiap orang memang punya lagu kesukaannya masing-masing ya.
lagunya opick juga bagus-bagus dan kadang buat merinding dengrnya *saking dalemnya*

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Kalau sama orang koreanya sih masih angen-angenan. Tapi kalau sama lagu dan kreatifitas mereka jangan diragukan lagi.

kalau green day aku suka cuma beberapa lagu aja. kalau Linkin Park aku punya semua albumnya :D

Ditsakus Paleojavanicus mengatakan...

ngomongin soal lagu kesukaan sih, lagu kesukaan gue itu A Thousand Years-nya Christina Perri sama Welcome to My Life nya Simple Plan kak. kayanya kedua lagu itu nggambarin tentang gue banget. selain itu instrumentalnya bagus :)

Ahmad mengatakan...

Wah, gue juga suka musik.... Tapi lagu yang gue suka kebnyakan gue nggak tau judulnya. *nyesek* (´._.`)\('́⌣'̀ )

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Bener bener. apalagi yang punya christina Perri ituh. makna lagunya dalem banget.

Wiladah Azzahra [FU] mengatakan...

Hohoho, kalau aku biasanya film tuh yang suka begitu. Suka tapi nggak tau judulnya. Kalau lagu palingan kalau dengernya di radio.

Ina Rakhmawati mengatakan...

kalo aku sukanya lagu pop romantis..
dewa 19, rossa, agnes monica

Posting Komentar

Janganlah menjadi JAELANGKUNG yang datang tak dijemput dan pulang tak diantar dengan tidak meninggalkan jejak anda dengan berkomentar :D